Thursday, November 10, 2011

The Young Generation

Ada 4 tipe pemuda di Indonesia (According to Ridwan Kamil):

  1. Pemuda yang cerdas tapi tidak peduli, seperti mereka yang pintar tapi tidak mau bekerja di Indonesia karena gajinya kecil dan memilih lari ke luar negeri.
  2. Pemuda yang tidak cerdas tapi peduli, mereka yang peduli bangsa tapi menunjukkan kepeduliannya itu dengan demo, only big mouth with no real action.
  3. Pemuda yang tidak cerdas dan tidak peduli, yaitu golongan preman. This is the worst.
  4. Only save the best for the last, inilah pemuda yang cerdas dan peduli.
Who's Ridwan Kamil by the way? Mas Emil adalah seorang arsitek dari Bandung. 
Then what's special from him? Not hard to explain, beliau ini orangnya sangat inspiratif. Memang saya belum pernah bertemu langsung dengan beliau. Dari video terakhir tentang beliau saat sedang menjadi dosen tamu yang saya tonton saat mata kuliah Perencanaan Kota oleh Bu DKW, saya mulai mengagumi beliau yang saya anggap sebagai salah satu tokoh change maker. Bayangkan, his house is made by 30.000 bottles of Kratingdaeng. Contoh ramah lingkungan. He's the real self motivator for architect and urban planner :)
He gave this message: Jangan menunggu pemerintah untuk memperbaiki permukiman kumuh dan sarana lain-lain. It'll never be done. Mulai perubahan dari diri kita sendiri. Perubahan kecil jika dilakukan secara bersama-sama akan menghasilkan efek yang besar. Tapi masalahnya hanya satu, do you want to be a change maker by yourself or not? Mau jadi pemuda nomor ke berapakah dirimu?

No comments:

Post a Comment