Sunday, July 31, 2011

Besok puasa...

Jadi gw mo ngucapin Selamat Menjalankan Ibadah Puasa buat seluruh teman-teman, sanak saudara, handai taulan yang menjalankannya.

Berhubung gw beragama nasrani, gw ngga ikutan puasa. Tapi karena di sekitar gw banyak yang muslim, otomatis gw tetep harus menghormati mereka dengan tidak makan dan minum secara terang-terangan di hadapan mereka (kalo dibelakang diam-diam mah boleh yakan? haha *skip!)

Bulan ramadhan kali ini terasa berbeda buat gw yang notabene masih di tanah rantauan nun jauh dari orang tua. Kenaps eperibadeh? Bikes gw makin ngga bisa makan secara teratur. Warung-warung sekitar kosan pada tutup. Yang buka cuma mekdi watugong itupun gw yakin banget bisa memperpendek umur duit dalam dompet gw. Jadi apa yang harus gw lakuin? #mikir #mikir #mikir
YES!!! I kno watudu... Berikut tips penting-ngga-penting-tapi-banyakan-ngga-pentingnya dari sayah:
  1. Siapin berbagai macam logistik di dalam kamar kos (misal: mie instan, kornet, sosis, roti, biskuit, aer, susu, gula, piso, sendok, blablabla) buat mengantisipasi kelaparan saat pagi dan siang hari waktu puasa, jadi kalo laper ngga usah pusing keluar cari makan.
  2. Sebisa mungkin hindari daerah mekdi ato keyepsi ato awe yang bisa memicu kanker dadakan, tapi sekali-sekali mah boljug.
  3. Buat menghindari laper, lakukan kegiatan yang kamu suka. Misal: tidur.

Buat gw, puasa itu waktu yang pas buat diet dan nabung. Tapi biasanya kenyataan justru berbanding terbalik dengan perkiraan. Yang tadinya niat irit makan dan duit, eh begitu liat makan jadi laper perut didukung laper mata. Jadinya beli deh!

Tapi di atas semua itu, kita tetep bisa kok ngejalanin puasa hemat sehat, bahkan buat yang ngga ikutan puasa sekalipun. Yang penting kita punya dasar niat yang kuat. Selain itu, buat yang ngga ikutan puasa, tetep harus hormatin sekitarnya yang puasa. Jangan seenak udel aja makan di depan mereka, ato bercandain mereka keterlaluan, soalnya orang laper cepet esmoni esmosi kan? Ntar puasanya batal, eh ngaku ngga ikutan. Pan tetep dosa tuh...

So if you want to be respected, respect other first. Ok beibh?


Calam cuyung,
Di

No comments:

Post a Comment