Friday, July 29, 2011

So, who should be blamed?

Barusan gw browsing blog traveler, salah satunya blog Mbak Trinity, penulis The Naked Traveler series yang sukses bikin gw ngiler jadi backpacker. Singkat cerita, gw nemu postingan yang judulnya 'Dipalak Anak Kecil', gw baca sekilas setting-nya di Kalimantan, tepatnya daerah Pampang, Samarinda. HOMETOWN!!! Alhasil gw tertarik dong.. Jadi gw baca aja tuh postingan dengan rasa bangga, tapi ternyata pas selese baca, gw jadi miris dan malu. Gimana ngga? Di postingan itu, diceritakan seperti ini...
Tepat begitu tarian selesai, anak-anak tadi berlari mengerubungi saya. Tiba-tiba mereka menjadi sangat agresif dengan berkata, “Mana uangnya, tante? Tadi kan tante foto-foto, itu tidak gratis! Bayar!”
Sebagai orang yang lahir dan besar di Samarinda, gw malu.

Bagian lain yang bikin miris...
Saya menyelipkan selembar Rp 50 ribu lagi dan salah satu anak perempuan (kelihatannya dia kepala geng) membentak, “Mana cukup duit seratus ribu!”
Gw sendiri heran, kok bisa ya mereka kaya gitu? Well, gw sendiri sih emang belon pernah ke Pampang yang jadi lokasi cerita itu, jadi gw ngga gitu tau banget tentang itu. Tapi ini justru bikin gw penasaran pengen ngunjungin (walo tetep aje takut jatuh miskin mendadak kalo kena kejadian kaya gitu juga hehe). Maybe dad wants to go with me? Kalo ibu sih ngga jamin mo ikutan juga hahaha

Otak gw sih bilang, logically ngga mungkin anak-anak itu punya naluri "tukang palak" otomatis dari dalam diri mereka. Pasti ada yang mempengaruhi mereka buat jadi kaya gitu. Jadi kita ngga bisa nyalahin mereka doang. Entah siapa yang berperan dalam hal itu, tapi yang pasti, yang kaya gitu tuh namanya pembunuhan karakter dini.  Dan itu juga termasuk salah satu faktor menurunnya kualitas SDM di Indonesia kan?

Tapi kita juga ngga bisa nge-judge kalo orang Dayak ato orang Kalimantan itu semuanya sama kaya gitu kan? Kita juga bukan orang bodoh yang cuma bisa memandang suatu hal cuma dari satu sisi kan?

Jadi sebenernya siapa yang harus disalahkan? Mereka? Pemerintah? Orang lain? Ato justru diri kita sendiri? [Pertanyaan ini diajukan bukan untuk dijawab secara verbal. Tapi pikirkan dan resapi maknanya]


Best regards,
Di

ps: Maap kalo isinya sotoy dan menyinggung beberapa pihak. Gw cuma berusaha jujur terhadap apa yang ada di pikiran gw. Jujur gw aja bingung, abis makan ape gw bisa nulis kaya gini? Haha~ Peace!



No comments:

Post a Comment